Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah

Google Play Store bermasalah

Play Store merupakan market aplikasi Android terbesar di dunia, maka tak mengherankan kerap mengalami error atau No Connection.

Padahal koneksi internet pada smartphone anda sudah aktif. Lantas, bagaimana masalah ini bisa terjadi? Tentunya tak lain karena banyaknya pengguna Android yang mengakses Google Play Store sehingga bisa menjadi lag.

Namun, anda tak usah cemas jika persoalan semacam ini timbul di ponsel Android anda. Banyak cara untuk mengatasi semua itu dan mengembalikan seperti sedia kala.

Tetapi anda perlu melihat seberapa bermasalahnya Play Store pada perangkat. Pasalnya akan berpengaruh dengan penyebab masalah untuk mengatasinya.

Di bawah ini ada cara untuk memperbaiki Google Play Store yang bermasalah di Android.

Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah

1. Membersihkan data Google Play Store

Dengan melakukan pembersihan data pada Play Store adalah cara yang terbaik untuk mengatasinya. Adapun caranya cukup masuk ke dalam menu Setting > Apps > All > Google Play Store.

Kemudian tekan tombol yang bernama Clear App Data atau Clear Data. Sayangnya cara yang satu ini mampu menghapus semua data di Google Play Store seperti data aplikasi yang telah dinstall maupun aplikasi favorit lainnya.

2. Bersihkan cache pada Play Store

Siapa tahu bila Google Play Store anda bermasaah lantaran ada cache dalam jumlah banyak hingga menumpuk. Apabila hal tersebut memang terjadi, maka cara mengatasinya cukup mudah da cepat. Anda hanya tinggal masuk ke menu Setting dan pilihlah Appss > All > Google Play Store.

Terakhir barulah anda menekan tombol Clear Cache. Dengan cara ini anda tak perlu lagi menginstall atau membuang aplikasi pada smartphone bahkan mereload handset anda sekalipun.

3. Ganti atau login akun Google

Jika kedua cara sebelumnya tidak menemui hasil yang maksimal, kemungkinan besar Play Store yang error karena masalah keamanan pada akun Google anda sendiri. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Anda tak perlu bingung lanatarn cukup masuk ke Pengaturan, kemudian pilih Singkronisasi dan Akun untuk mentap akun Google. Setelah itu, tekan lagi tombol pilih dan hapus akun. Barulah anda membuka Play Store untuk login kembali dengan akun anda.

4. Uninstall update Google Play Store

Ada baiknya jika anda melakukan uninstall update di Google Play Store. Hal ini untuk mengatasi Play Store yang sering berhenti karena ada fungsi yang tidak sesuai dengan sistem utamanya.

Tentu aja masalah tersebut sangat mengganggu. Caranya dengan masuk ke menu Setting > Apps > Google Play Store. Selanjutnya tap tombol yang bertuliskan Uninstall Updates.

Dimana akan me-reset Play Store ke versi aslinya dan anda bisa mencari file APK di apkmirror.com untuk original bukan update. Bagaimana, mudah sekali bukan?

Google memperbaharui algoritma Play Store yang akan mengurangi ukuran update aplikasi Android.

Tahun lalu, pengguna Android mengunduh lebih dari 65 miliar aplikasi dari Google Play Store, menurut Android developers blog.

Dengan pertumbuhan pesat itu, pengembang didorong untuk merilis update lebih sering pada aplikasi mereka, menambahkan konten baru, memperbaiki masalah keamanan, dan membuat perubahan lain sesuai dengan umpan balik dari pengguna.

Namun, Google mencatat bahwa pengguna tertentu, seperti mereka yang jarang terhubung ke jaringan Wi-Fi, sehingga sensitif terhadap jumlah data yang mereka download.

Inilah alasan mengapa Google tampaknya mengurangi ukuran instalasi aplikasi dan update yang dapat membantu mempercepat unduhan -tidak lag, sementara tetap membuat jumlah data aktual unduhan transparan.

Demikian yang bisa disampaikan untuk mengatasi Google Play Store yang error atau sedikit bermasalah. Semoga saja salah satu cara di atas dapat berhasil anda lakukan, sehingga Play Store pada Android bisa digunakan kembali. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Google Play Store yang Bermasalah"